Text
Pengaruh pendekatan 4P (pribadi, pendorong, proser, produk) terhadap kreativitas siswa pelajaran IPS di kelas 8 SMPN 2 Inderalaya Utara
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pendekatan 4P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) terhadap Kreativitas Siswa mata pelajaran IPS di kelas 8 SMPN 2 Indralaya Utara.” Dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh pendekatan 4P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) terhadap kreativitas siswa mata pelajaran IPS di kelas 8 SMPN 2 Indralaya Utara. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan 4P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) terhadap kreativitas siswa mata pelajaran IPS di kelas 8 SMPN 2 Indralaya Utara. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 75 orang siswa yang terdiri dari 3 kelas yaitu VIII.1, VIII.2, VIII.3, pada tahun pelajaran 2012/2013. Pemilihan sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh VIII.2 sebagai sampel penelitian yang berjumlah 24 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian bentuk Pre-Eksperimental Design bentuk one-shot case study. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan Observasi dan Dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengukur kreativitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan 4 (Empat) P, sedangkan Dokumentasi digunakan untuk melihat kreativitas siswa melalui tugas baik tugas individu maupun tugas kelompok. Dari hasi pengujian hipotesis diperoleh thitung = 24,63 > ttabel = 0,686 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan 4P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap kreativitas siswa di SMP Negeri 2 Inderalaya Utara.
No copy data
No other version available