Skripsi
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT KEBERLANJUTAN PENGGUNAAN APLIKASI SIDEMANG PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA PALEMBANG
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palembang menyediakan layanan Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Online Masyarakat Kota Palembang yang dikenal dengan SIDEMANG yang berfungsi untuk layanan pembuatan perizinan dan surat keterangan, tanpa datang ke kelurahan maupun kecamatan. Namun, tidak dapat diketahui apakah pengguna akan melanjutkan atau tidak melanjutkan menggunakan aplikasi SIDEMANG setelah pada awalnya mereka telah menggunakan aplikasi tersebut. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya pengukuran terhadap niat keberlanjutan penggunaan aplikasi SIDEMANG. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat keberlanjutan penggunaan aplikasi SIDEMANG dengan menggunakan metode Expectation Confirmation Model (ECM) serta menambahkan faktor Privacy yang digunakan untuk mengetahui niat keberlanjutan berdasarkan perspektif pengguna yaitu user aktif aplikasi SIDEMANG dengan menyebarkan kuesioner kepada 316 user aktif di kota Palembang. Data diolah serta dianalisis dengan menggunakan aplikasi SmartPls dengan melakukan beberapa tahapan yaitu dengan melakukan uji validitas kuesioner menggunakan convergency validity untuk dihitung menggunakan outer loading dan selanjutnya menggunakan discriminant validity untuk digunakan menggunakan cross loading untuk menentukan valid atau tidaknya kuesioner. Selanjutnya dilakukan uji realibilitas dengan menggunakan composite reliability dengan ketentukan dari nilai cronbach alpha, dan apabila valid dan reliabel maka tahap selanjutnya dilakukan evaluasi inner model yang digunakan untuk mengetahui pengaruh hubungan antar konstruk serta dilanjutkan dengan menentukan hipotesis menggunakan path coefficient. Penelitian ini menemukan bahwa variabel confirmation berpengaruh terhadap perceived usefulness dan satisfaction. Selanjutnya variabel perceived usefulness, satisfaction serta privacy berpengaruh terhadap continued it usage intention. dan variabel perceived usefulness berpengaruh terhadap satisfaction.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307002367 | T87094 | T870942023 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available