The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia dengan model Exsplorasi,  pengenalan dan penerapan konsep (EPPK) di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 9 Palembang

Text

Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia dengan model Exsplorasi, pengenalan dan penerapan konsep (EPPK) di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 9 Palembang

Prima Wulansari - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia, dengan menerapkan model Eksplorasi, Pengenalan dan Penerapan Konsep (EPPK) yang telah dilakukan di SMA Negeri 9 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) adalah 69,48 dengan ketuntasan belajar sebesar 45,24%, rata-rata tes siklus I (T1) adalah 75 dengan ketuntasan belajar sebesar 59,52%, rata-rata tes siklus II (T2) adalah 79,5 dengan ketuntasan belajar sebesar 78,57%, dan rata-rata tes siklus III (T3) adalah 81,4 dengan ketuntasan belajar sebesar 88,09%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model EPPK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran diberikan pada siswa agar lebih rajin mengumpulkan berbagai sumber belajar dan pada guru agar menggunakan model EPPK dalam pembelajaran. Kemudian saran pada sekolah, agar lebih memfasilitasi alat untuk praktikum dalam kegiatan pembelajaran siswa. Terakhir, saran pada peneliti lain agar menjadikan model EPPK sebagai reverensi untuk melakukan variasi pembelajaran.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.2607 Pri p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xii, 54hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.2607
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar - Kimia
Model Eksplorasi
Pengenalan dan Penerapan Konsep (EPPK)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search