Text
Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia dengan model Exsplorasi, pengenalan dan penerapan konsep (EPPK) di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 9 Palembang
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia, dengan menerapkan model Eksplorasi, Pengenalan dan Penerapan Konsep (EPPK) yang telah dilakukan di SMA Negeri 9 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) adalah 69,48 dengan ketuntasan belajar sebesar 45,24%, rata-rata tes siklus I (T1) adalah 75 dengan ketuntasan belajar sebesar 59,52%, rata-rata tes siklus II (T2) adalah 79,5 dengan ketuntasan belajar sebesar 78,57%, dan rata-rata tes siklus III (T3) adalah 81,4 dengan ketuntasan belajar sebesar 88,09%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model EPPK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran diberikan pada siswa agar lebih rajin mengumpulkan berbagai sumber belajar dan pada guru agar menggunakan model EPPK dalam pembelajaran. Kemudian saran pada sekolah, agar lebih memfasilitasi alat untuk praktikum dalam kegiatan pembelajaran siswa. Terakhir, saran pada peneliti lain agar menjadikan model EPPK sebagai reverensi untuk melakukan variasi pembelajaran.
No copy data
No other version available