Text
Permainan ular tangga sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IVB SD Negeri 11 Indralaya
Penelitian ini berjudul “Permainan Ular Tangga sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IVB SD Negeri 11 Indralaya”. Penelitian ini membahas hasil belajar siswa dengan menggunakan media permainan ular tangga, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahapan, yaitu (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) pengamatan dan (d) refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IVB SD Negeri 11 Indralaya yang berjumlah 37 orang, terdiri dari 20 orang siswa perempuan dan 17 orang siswa laki-laki. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes untuk mengukur hasil belajar dan observasi untuk mengukur keaktifan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa yaitu pada pra siklus siswa yang tuntas secara klasikal sebanyak 18 orang siswa (48,60%), pada siklus I meningkat menjadi 24 orang siswa (64,90%) dan pada siklus II meningkat menjadi 33 orang siswa (89,20%). Berdasarkan observasi penelitian ini juga meningkatkan keaktifan aktivitas siswa yaitu pada siklus I tingkat keaktifan siswa secara klasikal sebesar 63% kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 82% kategori sangat aktif. Maka dapat disimpulkan pembelajaran IPS dengan menggunakan media permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar serta keaktifan siswa.
No copy data
No other version available