The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Permainan ular tangga sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IVB SD Negeri 11 Indralaya

Text

Permainan ular tangga sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IVB SD Negeri 11 Indralaya

Muhammad Falah - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini berjudul “Permainan Ular Tangga sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IVB SD Negeri 11 Indralaya”. Penelitian ini membahas hasil belajar siswa dengan menggunakan media permainan ular tangga, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahapan, yaitu (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) pengamatan dan (d) refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IVB SD Negeri 11 Indralaya yang berjumlah 37 orang, terdiri dari 20 orang siswa perempuan dan 17 orang siswa laki-laki. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes untuk mengukur hasil belajar dan observasi untuk mengukur keaktifan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa yaitu pada pra siklus siswa yang tuntas secara klasikal sebanyak 18 orang siswa (48,60%), pada siklus I meningkat menjadi 24 orang siswa (64,90%) dan pada siklus II meningkat menjadi 33 orang siswa (89,20%). Berdasarkan observasi penelitian ini juga meningkatkan keaktifan aktivitas siswa yaitu pada siklus I tingkat keaktifan siswa secara klasikal sebesar 63% kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 82% kategori sangat aktif. Maka dapat disimpulkan pembelajaran IPS dengan menggunakan media permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar serta keaktifan siswa.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.330 7 Muh p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xiv, 63 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.330 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Media permainan ular tangga
Media Pemebelajaran-IPS
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search