Skripsi
PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN AKSARA LAMPUNG DENGAN METODE DESIGN THINKING
Berdasarkan Peraturan Gubernur Lampung Nomor 39 Tahun 2014, Pemerintah Provinsi Lampung mengeluarkan kebijakan mengenai Bahasa dan Aksara Lampung sebagai mata pelajaran Muatan Lokal pada jenjang satuan pendidikan dasar sampai menengah. Namun, dalam pelaksanaannya belum berjalan dengan efektif. Tingkat penerimaan siswa terhadap pelajaran Bahasa dan Aksara Lampung masih kurang. Beberapa alasannya ialah materi yang diajarkan kurang menarik bagi siswa dan media pendukung yang belum memenuhi kebutuhan para siswa. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan konsep gamifikasi yang sesuai dengan kebutuhan serta pengalaman pengguna ke dalam sebuah rancangan prototype aplikasi pembelajaran. Dalam merancang prototype aplikasi dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Design Thinking yang menitikberatkan pada perasaan dan kebutuhan pengguna serta memperhatikan teknologi yang layak dan sesuai untuk pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan prototype aplikasi pembelajaran yang kemudian diuji dengan menggunakan User Experience Questionaire (UEQ) dan mendapatkan hasil “excellent” pada keenam aspek UEQ yaitu attractiveness, perpicuity, effieciency, dependability, stimulation, dan novelty.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004248 | T126155 | T1261552023 | Central Library (REFERENS) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available