Text
Upaya meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 2 Sukajaya tentang soal cerita operasi hitung campuran melalui problem solving
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang soalcerita operasi hitung campuran melalui problem solving. Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukajaya semester satu tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 33orang siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai ujian setiap akhir siklus. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila 85% mendapat nialai > 65 atau lebih. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemahaman siswa tentang soal cerita dengan menggunakan”Problem Solving” dalam pembelajaran Matematika mengalami peningkatan. Hal ini dapat terlihat hasil pada siklus I. Nilai rata-rata pada siklus I menunjukan bahwa dari 33 orang siswa kelas IV, 19 siswa atau 57,57 % mendapat nilai dibawah 65 dan 14 orang siswa atau 42,42 % mendapat nilai diatas 65. Siklus II dilakukan, 7 orang siswa atau 21,21 % yang mendapat nilai dibawah 65 dan 26 orang siswa atau 78,78% yang mendapat nilai di atas 65.
No copy data
No other version available