Text
Peningkatan hasil belajar siswa melalui model Bamboo dancing pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 130 Palembang
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 42 siswa, terdiri dari 21 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Analisis data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri 130 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS akan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancingdi SD Negeri 130 PalembangKelurahan Sukabangun Kecamatan Sukarami.Hasil belajar yang dicapai pada siklus 1 (52,38%) lebih tinggi dari pra siklus (16,66%), siklus II (86,84%) lebih tinggi dari hasil belajar pada siklus I. Hasil aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I mencapai 55,28% (kurang aktif). Pada siklus II meningkat menjadi 75,15% (aktif). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SD Negeri 130 PalembangKelurahan Sukabangun Kecamatan Sukarami dengan menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan agar guru menggunakan alternatif model pembelajaran Bamboo Dancing dalam proses belajar mengajar.
No copy data
No other version available