Text
Peningkatan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 2 Palembang melalui metode outdoor study
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 2 Palembang melalui metode Outdoor Study. Penelitian ini menggunakan PTK yang dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian siklus I berlangsung pada tanggal 1 - 8 Mei 2013, sedangkan siklus II tanggal 27 – 30 Mei 2013. Jumlah siswa sebagai subjek penelitian 31 orang. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kualitatif berupa hasil pengamatan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif berupa hasil tes akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian adalah jika 85% siswa telah mampu menulis puisi bebas mencapai KKM ≥ 70, kemudian 75% mampu mengikuti aktivitas belajar yang diukur melalui observasi. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa pada siklus/tindakan I rata-rata 71,91 dan taraf ketuntasan belajar sebesar 64,52%. Pada siklus/tindakan II memiliki nilai rata-rata 82,87 dan taraf ketuntasan belajar sebesar 93,55%. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 2 Palembang melalui metode Outdoor Study meningkat. Untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas dilakukan dengan mengungkapkan perasaan serta pikiran setiap siswa pada aspek penghayatan, pelafalan dan pengintonasian, dan penampilan. Persepsi siswa terhadap penggunaan metode Outdoor Study dalam pembelajaran menulis puisi bebas cukup baik.
No copy data
No other version available