Text
Peningkatan hasil belajar bangun ruang sisi datar menggunakan lks buatan guru pada siswa kelas IV SD Negeri 43 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bangun ruang sisi datar menggunakan lembar kerja siswa (LKS) buatan guru pada siswa kelas IV.C SDN 43 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV.C SDN 43 Palembang dengan jumlah 24 orang siswa yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan bentuk tes dan observasi. Indikator kerja untuk mencapai keberhasilan adalah apabila siswa mendapatkan nilai ≥65 dengan ketuntasan klasikal yaitu sebesar 85%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil pre-test bahwa dari 24 siswa di kelas IV.C SD Negeri 43 Palembang hanya ada 4 orang siswa yang mendapat nilai ≥65 dan ada 20 orang siswa yang mendapat nilai ≤65 dengan hasil rata-ratanya 55,87 dan presentase nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 16,66%. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari hasil pre-test secara klasikal menunjukkan bahwa masih banyak nilai siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Pada siklus diperoleh hasil rata-rata nilai pada siklus I yaitu 62,97 dengan 10 orang siswa yang mencapai ketuntasan atau sekitar 41,66%. Pada siklus II diperoleh hasil sebesar 74,36 dengan 21 orang siswa yang tuntas (persentase kelulusan 87,55%).Terlihat bahwa setiap siklus pada pembelajaran mengalami peningkatan hasil belajar begitu juga dengan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS) buatan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available