Text
Meningkatkan keterampilan siswa melalui media permainan ular tangga pada mata pelajaran matematika di kelas Vb SD Negeri 11 Indralaya
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa pada materi sifat-sifat bangun datar melalui permainan ular tangga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 11 Indralaya yang berjumlah 33 orang siswa, terdiri dari 19 laki-laki dan 14 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data keterampilan matematika siswa dikumpulkan melalui lembar observasi pada saat evaluasi yang difokuskan pada kecepatan dan ketepatan menjawab soal. Berdasarkan hasil analisis data observasi, peningkatan keterampilan matematika siswa dapat dilihat dari waktu yang diperlukan siswa menjawab soal dengan tepat. Pada siklus I, siswa yang dikategorikan sangat terampil, terampil, dan cukup terampil sebanyak 39,39%, dan meningkat pada siklus II menjadi 87,88%. Selain meningkatnya keterampilan matematika siswa, hasil belajar siswa juga meningkat pada penelitian ini. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mencapai 66,67%, dan meningkat pada siklus II menjadi 87,88%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan keterampilan siswa pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas VB SD Negeri 11 Indralaya.
No copy data
No other version available