Text
Upaya memperbaiki pembelajaran tekhnik lompat jauh gaya jongkok melalui permainan lompat gelang pada siswa kelas IV SD Negeri 61 Palembang
Penelitian ini berjudul “Upaya Memperbaiki Pembelajaran Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Permainan Lompat Gelang Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 61 Palembang. Yang dilakukan pada tanggal 2 Juni 2013 s.d 17 Juni 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui permainan lompat gelang dapat memperbaiki teknik lompat jauh siswa kelas IV SD Negeri 61 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah teknik lompat jauh yang belum benar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau sering disebut classroom action research dan dilaksanakan dua siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 61 Palembang yang berjumlah 35 orang. Data awal tes lompat jauh pada akhir siklus pertama dan diperoleh terdapat 6 siswa dari 35 siswa yang baik atau 17,14 %, 9 siswa yang sedang atau 42,85 %, dan 20 yang kurang atau 57,15 %. Ketuntasan siswa dalam melakukan lompat jauh 15 siswa tuntas atau 40 %, dan 20 orang siswa yang tidak tuntas atau 60 %.Data dikumpulkan dari observasi dilapangan. Setelah siswa melakukan pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan permainan lompat gelang secara berulang-ulang, kemudian diadakan tes lompat jauh pada akhir siklus pertama dan diperoleh terdapat 11 siswa dari 25 siswa yang baik atau 32 %, 16 siswa yang sedang atau 45 %, dan 8 yang kurang atau 23 %. Ketuntasan siswa dalam melakukan lompat jauh 27 siswa tuntas atau 77 %, dan 8 orang siswa yang tidak tuntas atau 23 %. yaitu Pada siklus kedua pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan siklus pertama hanya teknik lompat jauh diperbaiki dan dilakukan permainan lompat gelang secara berulang-ulang, kemudian diadakan tes lompat jauh, pada akhir siklus kedua dan diperoleh data bahwa siswa 25 siswa yang baik atau 54 %, 12 siswa yang sedang atau 34 %, dan 4 yang kurang atau 16 %. Ketuntasan siswa dalam melakukan pasing 31 siswa tuntas atau 88 %, dan 4 orang siswa yang tidak tuntas atau 16 %. Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan permainan lompat gelang, teknik lompat jauh dapat meningkat.
No copy data
No other version available