Text
Pengaruh strategi pembelajaran saling tukar pengetahuan terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan pengaruh strategi pembelajaran saling tukar pengetahuan dengan strategi pembelajaran benar atau salah
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang ?. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan strategi pembelajaran
saling tukar pengetahuan dengan strategi pembelajaran benar atau salah terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang. Statistik yang digunakan untuk
menguji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan (α = 0,05) atau 5% dan dk = n1 + n2
– 2. Metode penelitian yang digunakan ialah metode True Experimental Design dengan bentuk
desain Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel diambil mengunakan Teknik Cluster Random Sampling, sehingga diperoleh 2 kelas yang akan menjadi sampel penelitian, yakni kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil perhitungan uji-t didapat thitung ≥ ttabel yaitu
thitung sebesar 6,06 ≥ ttabel 3,9. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat
di terima kebenarannya bahwa ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran saling tukar pengetahuan dengan strategi pembelajaran benar atau salah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang, oleh karena itu disarankan kepada guru agar dapat menggunakan strategi pembelajaran saling tukar pengetahuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T000008S | 371.307 Lis p 2013 | Available |
No other version available