Text
Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukajaya
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukajaya. Penelitian Tindakan Kelas ini
dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukajaya pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 24 siswa, dengan rincian 15 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan tindakan ditetapkan yaitu apabila 80% siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukajaya berhasil mencapai nilai 65 sesuai dengan ketuntasan hasil belajar IPS yang ditetapkan SD Negeri 2 Sukajaya. Berdasarkan hasil tes evaluasi siklus I diperoleh siswa yang tuntas (64,58%), rata-rata 70,83 dengan kategori baik dan keaktifan (64,5%) dalam kategori aktif. Hasil evaluasi pada siklus II yaitu siswa yang tuntas (87,5%), rata-rata 77,8 dengan kategori baik sekali dan keaktifan (80%) dalam kategori aktif. Maka disimpulkan bahwa melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar, disarankan untuk para guru SD agar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran IPS.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T000007S | 371. 270 7 Mar u 2013 | Available |
No other version available