Text
Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Everyone IS A Teacher Here dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 149 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 149 Palembang melalui model “everyone is a teacher here”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 149 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V.G SD Negeri 149 Palembang yang berjumlah 30 orang siswa terdiri atas 20 orang laki–laki dan 10 orang perempuan. Prosedur penelitian dilaksanakan secara bertahap yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian nilai hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama jumlah siswa yang mencapai KKM berjumlah 22 siswa atau sebesar 73,33%. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 27 siswa atau sebesar 90%. Didukung oleh hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori aktif dengan presentase 63%, meningkat pada siklus II dengan kategori sangat aktif dengan presentase 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model
“everyone is a teacher here” dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 149 Palembang yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar dengan tercapainya indikator keberhasilan penelitian sesuai dengan KKM SD Negeri 149 Palembang yaitu 60.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T000005S | 371.2607 Dar p 2014 | Available |
No other version available