Text
Implementasi customer relationship management pada perusahaan developer & general trade (studi kasus : PT. Duta Niaga Jambi)
PT. Duta Niaga Jambi adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang developer & general trade yang berdiri di provinsi Jambi semenjak tahun 2010. Tidak adanya sarana informasi membuat customer harus datang langsung ke lokasi proyek untuk dapat mengetahui perkembangan proyek. Belum terdapat sistem yang mengelola serta memberikan kemudahan kepada customer dalam melakukan pengaduan serta mengetahui konfirmasi dari manajemen perumahan yang bersangkutan. Pencatatan pengaduan masalah serta kritik dan saran belum terarsip dan terkomputerisasi dengan baik. Oleh karena itu teknologi informasi dengan konsep Customer Relationship Management (CRM) dibutuhkan untuk membantu pihak PT. Duta Niaga Jambi dalam meningkatkan kualitas layanan kepada customer. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah FAST (Framework for The Application of System Thinking). Selanjutnya Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh implementasi Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan maka dilakukanlah penelitian dengan menyebarkan kuisioner. Adapun metode statistik yang digunakan adalah koefisien korelasi rank spearman, koefisien determinasi dan statistik uji t. Dari hasil analisis menggunakan koefisien korelasi rank spearman terlihat adanya korelasi positif sebesar 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang, koefisien determinasi sebesar 32,49 %, dan hasil pengujian thitung (4.2807) > ttabel (1.6860) yang artinya Customer Relationship Management (CRM) mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap loyalitas customer.
No copy data
No other version available