Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Palembang
Skripsi ini berjudul pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Palembang. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Palembang?”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Palembang. Penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII siswa SMP Negeri 13 Palembang. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas control sebanyak 40 siswa dan VIII.2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan Tes. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 13 Palembang. Hal tersebut terbukti dari rata-rata hasil tes setiap akhir pertemuan untuk kelas eksperimen yaitu 84,75 lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kelas control yaitu 77. Secara statistic melalui analisisuji-t diperoleh nilai t hitung > t table (0,05) (thitung=2,69>ttabel=2,00) dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan, ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 13 palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T000003S | 371.307 Het p 2013 | Available |
No other version available