The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh media visual menggunakan program edit gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 4 Palembang

Text

Pengaruh media visual menggunakan program edit gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 4 Palembang

Desi Hasanah - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini mengangkat masalah yaitu apakah ada perbedaan pengaruh media visual menggunakan program edit gambar dengan media Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 4 Palembang. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh media visual menggunakan program edit gambar dengan media Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 4 Palembang. Hipotesis dari penelitian ini adalah Ha: ada perbedaan pengaruh media visual menggunakan program edit gambar dengan media Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Palembang. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Palembang Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 9 kelas. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian yang terdiri dari kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 peserta didik dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol sebanyak 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis dengan rumus uji-t. Berdasarkan analisis data tes pada uji-t didapat thitung = 5,481 dan ttabel = 2,719 sehingga thitung ≥ ttabel atau 5,481 ≥ 2,719 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada perbedaan pengaruh media visual menggunakan program edit gambar dengan media Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 4 Palembang. Sehingga disarankan kepada guru agar menggunakan media ini dalam proses pembelajaran.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
370.152 307 Des p 2013
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
iii, 70 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
370.152 307
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar.
IPS- Hasil Belajar
Media Visual Menggunakan Program Edit Gambar
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search