Text
Perbedaan hasil belajar siswa antara Model Pembelajaran SFAE (Student Fasilitator And Explaining ) dengan model Pembelajaran CiIRC ( Cooperative Integrated Reading And Composition ) pada mata pelajaran sistem bahan diesel di kelas XI TKR SMK YPS Prabumulih
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan model pembelajaran SFAE (Student Facilitator and Explaining) dengan model pembelajaran CIRC (cooperative integrated reading and composition) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem bahan bakar deisel di SMK YPS Prabumulih. Metode penelitian quasy eksperimental. Populasi seluruh siswa kelas XI TKR SMK YPS Prabumulih periode 2012/2013 berjumlah 66 orang, pengumulan data tes dan obesrvasi. Data yang diambil berupa hasil belajar siswa dan keaktifan siswa. Pada penelitian ini terjadi peningkatan terhadap hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran SFAE (Student Facilitator and Explaining) dengan model pembelajaran CIRC (cooperative integrated reading and composition). Dari hasil analisis data tes dengan menggunakan uji-t menunjukan bahwa thitung sebesar 1,561 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan ttabel sebesar 1,998. Maka hasilnya menerima Ho atau t tidak ada perbedaan hasil belajar. Dari analisis penelitian didapat nilai rata-rata keaktifan persentase kelas eksperimen1 sebesar 80,24% dan eksperimen2 sebesar 77,86%. Artinya siswa lebih tertarik pada SFAE (Student Facilitator and Explaining) sebagai model pembelajaran.
No copy data
No other version available