The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw kelas IV SD Negeri Lubuk Harjo

Text

Upaya meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw kelas IV SD Negeri Lubuk Harjo

Musiyem - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Sekripsi ini berjudul “ Upaya Meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada kelas IV SD Negeri Lubuk Harjo”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SD Negeri Lubuk Harjo. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Lubuk Harjo. Dengan jumlah 21 orang siswa, dengan perincian 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator yang ditetapkan dalam penelitian ini guna mengukur keberhasilan atau ketuntasan hasil belajar siswa yakni bila kemampuan siswa dalam mengerjakan soal evaluasi mencapai nilai 65 dengan persentase ketuntasan mencapai 80% dari jumlah siswa secara klasikal. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada akhir siklus I diperoleh siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar ada 9 siswa (42,8%) dengan kategori rendah dengan nilai rata-rata kelas 60 dan hasil belajar siswa pada siklus II yakni siswa yang tuntas belajar berjumlah 18 siswa (85,7%) dengan kategori sangat tinggi. Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan untuk guru kelas pada umumnya untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawdalam pembelajaran IPA.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371. 260 7 Mus u 2013
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
xiii, 48 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371. 260 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar IPA
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search