Text
Upaya meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw kelas IV SD Negeri Lubuk Harjo
Sekripsi ini berjudul “ Upaya Meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada kelas IV SD Negeri Lubuk Harjo”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SD Negeri Lubuk Harjo. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Lubuk Harjo. Dengan jumlah 21 orang siswa, dengan perincian 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator yang ditetapkan dalam penelitian ini guna mengukur keberhasilan atau ketuntasan hasil belajar siswa yakni bila kemampuan siswa dalam mengerjakan soal evaluasi mencapai nilai 65 dengan persentase ketuntasan mencapai 80% dari jumlah siswa secara klasikal. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada akhir siklus I diperoleh siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar ada 9 siswa (42,8%) dengan kategori rendah dengan nilai rata-rata kelas 60 dan hasil belajar siswa pada siklus II yakni siswa yang tuntas belajar berjumlah 18 siswa (85,7%) dengan kategori sangat tinggi. Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan untuk guru kelas pada umumnya untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawdalam pembelajaran IPA.
No copy data
No other version available