Text
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen di kelas IV SD Negeri Lubuk Harjo
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri Lubuk Harjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Lubuk Harjo Kecamatan Bayung Lencir melalui metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam tiga siklus, yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang beerjumlah 25 siswa. Pengambilan data yang dilakukan dengan observasi dan tes evaluasi pada setiap siklus, diperoleh hasil belajar sebagai berikut. Tindakan siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa atau 36%, tindakan siklus II siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa atau 68%. Tindakan siklus III siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau 96%. Demikian pula dengan data observasi. Pada tindakan siklus I, siswa yang aktif sebanyak 10 orang atau 40%, dan pada siklus II siswa yang aktif sebanyak 17 siswa atau 68%, dan pada siklus III seluruh siswa telah aktif mengikuti proses belajar. Akhirnya disarankan bahwa metode pembelajaran Eksperimen perlu terus dikembangkan dan diterapkan karena dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa
No copy data
No other version available