Text
Analisis pengintregrasian nilai-nilai budi pekerti pada mata pelajaran IPS di SMP N 3 Sekecamatan Indralaya
Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengintegrasian nilai-nilai budi pekerti pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri sekecamatan Indralaya. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana guru mengintegrasikan nilai-nilai budi pekerti pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri sekecamatan Indralaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran IPS dan seluruh peserta didik kelas VII-VIII di SMP Negeri Sekecamatan Indralaya Tahun Ajaran 2012-2013 yang berjumlah 9 guru dan 565 peserta didik. Sampel diambil dengan sampling purposive yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 6 guru yang mengajar kelas VII-VIII dan 60 peserta didik yang duduk di kelas VII-VIII. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara yang ditujukan kepada guru dan angket ditujukan kepada peserta didik (untuk melihat persepsi peserta didik terhadap guru). Adapun teknik analisa data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai budi
pekerti pada perencanaan pembelajaran termasuk ke dalam kategori kurang baik dengan rerata 40,5% , atau belum terintegrasi (50%). Maka dengan ini diharapkan kepada guru mata pelajaran hendaknya bisa lebih meningkatkan lagi kesadaran akan pentingnya menanamkan dan mengintegrasikan nilai-nilai budi pekerti pada mata pelajaran IPS dengan lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar.
No copy data
No other version available