Text
Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 130 Palembang
Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 130 Palembang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan Metode Demonstrasi. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 130 Palembang. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sejumlah 24 siswa (61%) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 16 siswa (39%) dengan nilai rata – rata kelas 59. Hasil belajar pada siklus II siswa yang tuntas belajar sejumlah 35 siswa (87,5%) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 5 siswa (12,5%) dengan nilai rata – rata kelas 72,6. Hasil belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan yang peneliti targetkan, maka penelitian ini adalah berhasil. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa melalui Metode Deminstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 130 Palembang semester II.
No copy data
No other version available