Text
Aplikasi layanan bimbingan kelompok berbasis islami untuk meningkatkan self esteem pada siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Inderalaya
Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan Self Esteem siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Indralaya melalui layanan bimbingan kelompok berbasis Islami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa yang mempunyai kriteria harga diri sedang dan harga diri rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala psikologi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Proses kegiatan bimbingan kelompok berbasis Islami tetap mengacu pada tahap-tahap layanan bimbingan kelompok pada umumnya namun pada setiap tahapan disertai dengan pengamalan nilai-nilai Islam dan dilengkapi dengan adab-adab yang biasa dilakukan dalam mentoring agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rasa harga diri sebelum diberikan tindakan menujukkan harga diri yang negative (kategori rendah dan sedang) setelah diberikan tindakan menjadi harga diri positif (sedang dan tinggi). Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berbasis Islami bisa diaplikasikan untuk meningkatkan Self Esteem siswa
No copy data
No other version available