Text
Pengaruh media ulead video terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI Gelumbang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Ulead Video terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA PGRI Gelumbang. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design bentuk One-Group Pretest-Postest design yaitu menggunakan pretes dan postes dengan perlakuan sebanyak4 kali pertemuan. Populasi adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 4 kelas semester genap tahunajaran 2013/2014 yang berjumlah 143 orang. Dengan menggunakan random dengan teknik Cluster Random Sampling di dapat kelas X.4 sebagai kelas eksperimen yang diberiperlakuan media ulead video. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes dan observasi. Statistic yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistic parametris melalui uji hipotesis (uji-t) dengan menggunakan rumusu uji-t product moment dan taraf signifikansi (α) = 5% dan dk= n-2 jadi (dk= 30 -2= 28). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 2.473 sedangkan ttabel sebesar 1.714. dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada pengaruh media ulead video terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI Gelumbang. Pengaruhnya dapat dilihat pada perbandingan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan rerata pretes sebesar 60,2 postes sebesar 83,9. Itu artinya terjadi peningkatan hasil belajar setelah dberiperlakuan media ulead video. Oleh karen itu, dihrapkan guru mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa leptop, LCD, dan program sofwere yang akan diajarkan.
No copy data
No other version available