Text
Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem di SMA Srijaya Negara Palembang
Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here ( ETH) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMA Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian one-group pretest-postest design. Data yang diambil adalah nilai tes awal dan tes akhir serta aktivitas siswa. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa menunjukkan 80% siswa sangat aktif, 15% siswa aktif, dan 5% siswa kurang aktif. Hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar rata-rata sebesar 42,30 sehingga diperoleh indeks gain sebesar 0,70 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe ETH memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available