Text
Layanan bimbingan kelompok berbasis permainan untuk meningkatkan motivasi berafiliasi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gelumbang
Penelitian ini berjudul Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Motivasi Berafiliasi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gelumbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok berbasis permainan dapat meningkatkan motivasi berafiliasi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gelumbang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan subjek penelitian berjumlah 8 orang. Data diambil dengan menggunakan lembar observasi tentang motivasi berafiliasi siswa oleh observer yakni guru Bimbingan dan Konseling. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif kemudian diklasifikasikan menjadi kategori tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok berbasis permainan dapat meningkatkan motivasi berafiliasi siswa. Sebelum dilakukannya tindakan, motivasi berafiliasi siswa berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor yakni 10,25. Pada saat dilakukannya layanan bimbingan kelompok berbasis permainan pada siklus pertama, motivasi berafiliasi dari tujuh orang siswa meningkat menjadi kategori sedang, sedangkan satu orang siswa masih dalam kategori rendah, dengan rata-rata skor meningkat menjadi 16,12. Kemudian pada saat siklus kedua, motivasi berafiliasi semua siswa meningkat menjadi kategori tinggi dengan rata-rata skor yakni 26. Dengan demikian, dapat direkomendasikan bahwa layanan bimbingan kelompok berbasis permainan dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi berafiliasi siswa
No copy data
No other version available