Text
Meningkatkan hasil belajar IPA menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Heads-Together di Kelas IVa SD Negeri 63 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPA siswa kelas IVA SD Negeri 63 Palembang dengan cara menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Model NHT merupakan salah satu model kooperatif yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kerjasama antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 37 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada pelaksanaan siklus I menunjukkan rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa 56,75% dan hasil penelitian pada siklus II rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa 91,90%. Berdasarkan KKM yang di sepakati 64 dan kriteria ketuntasan adalah ≥85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IVA SD Negeri 63 Palembang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Heads-Together (NHT).
No copy data
No other version available