Text
Upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 11 Inderalaya menggunakan model Cooperatif Integrated Reading and Composition
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV B SD Negeri 11 Indralaya dengan menggunakan model Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) yang jumlah siswanya sebanyak 37 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Hasil membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan disetiap siklus. Siswa dinyatakan tuntas apabila telah mencapai nilai dan 85% siswa menunjukkan aktivitas pembelajaran yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan nilai ratarata sebelum diberi tindakan, rata-ratanya adalah 49,18 dengan persentase ketuntasan belajar 27%. Pada siklus I pertemuan pertama rata-ratanya adalah 54,59 dengan persentase ketuntasan belajar 37%, siklus I pertemuan kedua rata-ratanya adalah 66,35 dengan persentase ketuntasan belajar 48%. Pada siklus II pertemuan pertama rata-ratanya adalah 76,08 dengan persentase ketuntasan belajar 72%, siklus II pertemuan kedua rata-ratanya adalah 80,27 dengan persentase ketuntasan belajar 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian tercapai, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 11 Indralaya dan siklus selanjutnya tidak diperlukan lagi.
No copy data
No other version available