The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 11 Inderalaya menggunakan model Cooperatif Integrated Reading and Composition

Text

Upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 11 Inderalaya menggunakan model Cooperatif Integrated Reading and Composition

Sri Kurniati - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV B SD Negeri 11 Indralaya dengan menggunakan model Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) yang jumlah siswanya sebanyak 37 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Hasil membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan disetiap siklus. Siswa dinyatakan tuntas apabila telah mencapai nilai dan 85% siswa menunjukkan aktivitas pembelajaran yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan nilai ratarata sebelum diberi tindakan, rata-ratanya adalah 49,18 dengan persentase ketuntasan belajar 27%. Pada siklus I pertemuan pertama rata-ratanya adalah 54,59 dengan persentase ketuntasan belajar 37%, siklus I pertemuan kedua rata-ratanya adalah 66,35 dengan persentase ketuntasan belajar 48%. Pada siklus II pertemuan pertama rata-ratanya adalah 76,08 dengan persentase ketuntasan belajar 72%, siklus II pertemuan kedua rata-ratanya adalah 80,27 dengan persentase ketuntasan belajar 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian tercapai, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 11 Indralaya dan siklus selanjutnya tidak diperlukan lagi.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.407 Sri u 2013
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
xv, 73 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.407
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
membaca pemahaman
Membaca-keterampilan
siswa sekolah dasar
Cooperatif Integrated Reading And Composition
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search