Text
Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe examples pada siswa kelas IV SDN 2 Senawar
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Examples Non Examples. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Bentuk penelitian ini adalah PTK dengan 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi dan penelitian ini dilakukan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil dari penelitian terbukti adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, ini dapat di lihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada Pra Siklus adalah 42,85% atau 12 siswa, Siklus I pertemuan pertama yaitu 57,14% atau 16 siswa, pada pertemuan kedua yaitu 64,28% atau 18 siswa sedangkan Siklus II pertemuan pertama yaitu 75% atau 21 siswa, dan pada pertemuan kedua yaitu 89,28 % atau 25 siswa. Adapun rata-rata Aktifitas siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 59,28, pertemuan kedua adalah 65, dan pada siklus II pertemuan pertama adalah 75, pada pertemuan kedua adalah 85,71, maka berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar, disarankan untuk para guru SD agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples sebagai alternatif pembelajaran yang bermakna dalam pembelajaran IPS
No copy data
No other version available