The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe examples pada siswa kelas IV SDN 2 Senawar

Text

Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe examples pada siswa kelas IV SDN 2 Senawar

Kartika Leni - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Examples Non Examples. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Bentuk penelitian ini adalah PTK dengan 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi dan penelitian ini dilakukan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil dari penelitian terbukti adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, ini dapat di lihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada Pra Siklus adalah 42,85% atau 12 siswa, Siklus I pertemuan pertama yaitu 57,14% atau 16 siswa, pada pertemuan kedua yaitu 64,28% atau 18 siswa sedangkan Siklus II pertemuan pertama yaitu 75% atau 21 siswa, dan pada pertemuan kedua yaitu 89,28 % atau 25 siswa. Adapun rata-rata Aktifitas siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 59,28, pertemuan kedua adalah 65, dan pada siklus II pertemuan pertama adalah 75, pada pertemuan kedua adalah 85,71, maka berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar, disarankan untuk para guru SD agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples sebagai alternatif pembelajaran yang bermakna dalam pembelajaran IPS


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371. 270 7 Kar u 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xi, 168 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371. 270 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
hasil belajar IPS
Model Pembelajaran Kooperatif tipe Examples Non Ex
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search