Text
Peningkatan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa melalui metode SQ4R di kelas XI IPA 3 SMAN. 11 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia dengan menerapkan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) di SMA Negeri 11 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Persentase rata-rata keaktifan siswa pada siklus I (T1) adalah 70%, siklus II (T2) 86,5% dan siklus III (T3) 89,4%. Ratarata nilai hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) yaitu 62,56 dengan persentase ketuntasan sebesar 37,2%, rata-rata tes siklus I (T1) adalah 79,27 dengan persentase ketuntasan sebesar 73,17%, nilai rata-rata pada siklus II (T2) adalah 82,25 dengan persentase ketuntasan sebesar 77,5% dan nilai rata-rata pada siklus III (T3) adalah 87,14 dengan persentase ketuntasan sebesar 97,6%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa. Peneliti memberikan saran untuk menggunakan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) dan mengembangkannya karena dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia.
No copy data
No other version available