Text
Meningkatkan keaktifan siswa X dalam belajar di kelas VIII melalui layanan konseling dengan teknik latihan asertif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan teknik latihan asertif dapat meningkatkan keaktifan siswa X dalam belajar di kelas VIII siswa di SMP Negeri 10 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan siswa X dalam belajar di kelas VIII di SMP Negeri 10 Palembang melalui layanan konseling dengan teknik latihan asertif. Adapun metodologi penelitian ini menggunakan PTBK, dengan subjek penelitian yaitu siswa X yang cenderung keaktifan dalam belajarnya yang rendah. Instrumen penelitian menggunakan wawancara dan lembar observasi. Data dianalisis dengan cara menghitung skor yang diperoleh dari hasil observasi dan diklasifikasikan ke dalam kategori penilaian yang telah ditentukan yaitu kategori rendah, sedang, tinggi. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa layanan konseling dengan teknik latihan asertif ini dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa X dalam belajar di kelas VIII di SMP Negeri 10 Palembang. Peningkatan tersebut dapat diketahui dengan melihat skor, yaitu: skor sebelum tindakan 26 yang dikategorikan rendah dan setelah siklus pertama menjadi 37 yang dikategorikan sedang, kemudian meningkat lagi menjadi 50 yang dikategorikan tinggi setelah siklus kedua. Dengan demikian, dapat direkomendasikan layanan konseling dengan teknik latihan asertif dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa X dalam belajar di kelas VIII.
No copy data
No other version available