Text
Upaya meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SD Negeri 106 Palembang melalui model STAD
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SD Negeri 106 Palembang melalui model STAD. Penelitian ini menggunakan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bertahap terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Indikator ketuntasan yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan siswa adalah ≥ 65 dan ketuntasan klasikal adalah 85%. Berdasarkan kegiatan pembelajaran pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 56%, siklus I pertemuan ke-2 sebesar 69%, kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 sebesar 81%, dan siklus II pertemuan ke-2 sebesar 100%. Peningkatan hasil didukung oleh peningkatan aktivitas. Berdasarkan nilai aktivitas kegiatan menyimak siswa kelas V SD Negeri 106 Palembang pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 73%, siklus 1 pertemuan ke-2 sebesar 68%, kemudian siklus II pertemuan ke-1 sebesar 84%, dan siklus II pertemuan ke-2 sebesar 91% maka tindakan observasi ini berhasil karena 85% siswa aktif. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model STAD dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan keaktivan siswa kelas V SD Negeri 106 Palembang.
No copy data
No other version available