Text
Pengaruh model pemebelajaran aktif tipe siapa saja yang ada di kelas terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMAN Tanjung Batu
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran aktif tipe siapa saja yang ada di kelas dengan model pembelajaran aktif tipe membaca keras terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Tanjung Batu. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X di SMAN 1 Tanjung Batu yang terdiri dari 5 kelas semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 187 orang. Teknik pengambilan sampel secara Cluster Sampling sehingga didapatlah kelas X.A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 peserta didik dan kelas X.B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 peserta didik. Teknik Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes dan observasi. Statistik yang digunakan yaitu menggunakan uji-t dengan dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 11,758 sedangkan ttabel = 1,995, sehingga thitung ≥ ttabel berarti Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada perbedaan pengaruh model pembelajaran aktif tipe siapa saja yang ada di kelas dengan model pembelajaran aktif tipe membaca keras terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Tanjung Batu. Perbedaan tersebut dapat terlihat dari rerata hasil belajar peserta didik. Pada kelas eksperimen sebelum mendapat perlakuan rerata hasil belajar peserta didik sebesar 37,21 sedangkan setelah mendapat perlakuan maka rerata hasil belajar meningkat menjadi 88,95 dengan selisih sebesar 51,74. Pada kelas kontrol sebelum perlakuan rerata hasil belajar peserta didik sebesar 36,61 sedangkan setelah mendapat perlakuan rerata hasil belajar peserta didik menjadi 79,71 dengan selisih 43,10. Berdasarkan hasil analisis data observasi pada kelas eksperimen yaitu 96,6% dan kelas kontrol 98% sehingga dapat diinterpretasikan aktifitas pembelajaran yang dilakukan peneliti sangat baik. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran aktif tipe siapa saja yang ada di kelas karena pencarian informasi kepada teman di kelasnya dan dilanjutkan diskusi singkat akan.
No copy data
No other version available