tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan hahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Sejarah) di kelas VIII SMP Negeri Pemulutan Selatan." />
Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran Picture And Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajran IPS ( Sejarah ) di kelas VIII SMP Negeri 2 Pemulutan Selatan
Penelitian ini berjudul -Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Sejarah) di Kelas VIII SMP Negeri 2 Pemulutan Selatan". Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Sejarah) di kelas VIII SMP Negeri 2 Pemulutan Selatan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Sejarah) di kelas VIII SMP Negeri 2 Pemulutan Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 yang bajumlah 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Pictur dan kelas VIII.1 yang berjumlah 25 orang siswa sebagai kelas kontrol dengan menerapkan metode konvensional yaitu ceramah. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data, uji homogenitas data, uji-t dengan taraf signifikan (a = 0,05). Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapat thitung = 2,589 dan ttabel = 2,004 atau thitung > tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan hahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Sejarah) di kelas VIII SMP Negeri Pemulutan Selatan.
No copy data
No other version available