Text
Studi kasus terhadap "RH'' yang mengalami hambatan berkomunikasi siswi kelas IX.2 SMP Negeri 2 Indralaya Utara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik hambatan berkomunikasi yang dialami oleh RH serta faktor penyebab yang melatar belakangi RH siswi kelas IX.2 SMP Negeri 2 Indralaya Utara mengalami hambatan berkomunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi serta wawancara terhadap subjek, orang tua, wali kelas, guru mata pelajaran dan teman sebaya. Teknik analisis data menggunakan diagram ishikawa atau diagram fishbone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik hambatan berkomunikasi RH berupa tidak mampu menatap lawan bicara, berbicara dengan intonasi sangat rendah dan menghindar ketika diajak berkomunikasi dengan orang lain. Sedangkan penyebab yang melatar belakangi RH mengalami hambatan berkomunikasi adalah kondisi keluarga yang menyebabkan RH menutup diri dan menganggap komunikasi tidak penting, kondisi biologis yang membuat RH merasa tidak percaya diri dan merasa tidak dipedulikan sehingga enggan memberi respon ketika diajak berkomunikasi, tidak ada kemauan belajar yang berakibat RH mempunyai hasil belajar rendah dan motivasi berkomunikasi rendah sehingga ia dijauhi oleh teman-teman sebaya.
No copy data
No other version available