Text
Upaya meningkatkan keterampilan siswa pada operasi hitung pembagian melalui permainan matematika di kelas IIA SD Negeri 63 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa pada materi operasi hitung pembagian melalui permainan matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIA SD Negeri 63 Palembang yang berjumlah 31 orang siswa, 13 orang diantaranya siswa perempuan dan 18 orang adalah siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data keterampilan matematika siswa dikumpulkan melalui lembar observasi pada saat evaluasi setiap akhir siklus yang difokuskan pada kecepatan dan ketepatan menjawab soal pembagian. Berdasarkan hasil analisis data observasi, peningkatan keterampilan matematika siswa dapat dilihat dari waktu yang diperlukan siswa menjawab soal dengan tepat, pada kondisi awal siswa jumlah siswa yang mencapai atau lebih dari kategori cukup terampil sebanyak 4 orang siswa (12,9%), pada siklus I terdapat 21 orang siswa (67,7%), dan pada siklus II meningkat menjadi 28 orang siswa (90,3%). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui permainan matematika dapat meningkatkan keterampilan siswa pada materi operasi hitung pembagian di kelas IIA SD Negeri 63 Palembang
No copy data
No other version available