Text
Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasa kalor di kelas x SMA Negeri 13 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan kalor di kelas X SMA Negeri 13 Palembang. Rumusan masalahnya adalah adakah pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan kalor di kelas X SMA Negeri 13 Palembang. Variabel penelitian ini adalah pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar fisika siswa. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling, yaitu probability sampling, dengan cara acak terhadap semua anggota populasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 13 Palembang dengan sampel kelas X1 dan X3 yang berjumlah 72 siswa. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5 % dan dk = 70 dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. dari hasil perhitungan statistik diperoleh harga thitung sebesar 3,42 dan harga ttabel sebesar 1,996. Karena hasil thitung > ttabel (3,42 > 1,996), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan kalor di kelas X SMAN 13 Palembang.
No copy data
No other version available