Text
Pengaruh penerapan layanan dasar bimbingan sosial terpadu dalam pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing di kelas IV SD N 02 Inderalaya Utara
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan layanan dasar bimbingan sosial
terpadu dalam pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing di kelas IV SD Negeri 02
Indralaya Utara, untuk mengetahui pengaruh penerapan layanan dasar bimbingan sosial
terpadu dalam pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing di kelas IV SD Negeri 02
Indralaya Utara terhadap hasil belajar IPA serta untuk mengetahui pengaruh penerapan
layanan dasar bimbingan sosial terpadu dalam pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing
di kelas IV SD Negeri 02 Indralaya Utara terhadap pemahaman siswa tentang prilaku pantas
dan prilaku tidak pantas dalam pembelajaran. Penelitian yang digunakan adalah eksperimen
semu dengan desain One Group Pretest-Posttest. Rancangan ini menggunakan satu kelas.
Pengumpulan data berupa pretest dan posttest dengan instrument observasi, tes dan angket. Selisih dari data pretest dan posttest tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t untuk melihat ada tidaknya pengaruh penerapan layanan dasar bimbingan sosial terpadu dalam pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA dan pemahaman siswa terhadap prilaku pantas dan prilaku tidak pantas. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai untuk hasil tes dengan dengan demikian , sehingga terima a1 H dan tolak 01 H berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan layanan dasar sosial terpadu dalam pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA. Sedangkan untuk hasil analisis angket diperoleh nilai untuk pemahaman siswa terhadap prilaku pantas dan prilaku tidak pantas dengan nilai , Dengan demikian , sehingga terima a2 H dan tolak 02 H sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan layanan dasar sosial terpadu dalam pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing terhadap pemahaman siswa tentang prilaku pantas dan prilaku tidak pantas dalam pembelajaran.
No copy data
No other version available