Text
Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran talking stick pada Siswa Kelas V SD Negeri 43 Palembang
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VD SD Negeri 43 Palembang dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kerja yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan atau dikatakan tuntas jika hasil belajar siswa memperoleh nilai 62 dan ketuntasan klasikal mencapai 80%. Berdasarkan data nilai Pra Siklus terdapat 9 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase 35%, mengalami peningkatan pada Siklus I Pertemuan 1 terdapat 11 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase 44%, Siklus I Pertemuan 2 terdapat 16 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase 64%, dan meningkat kembali pada Siklus II Pertemuan 1 terdapat 21 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase 81% dan pada Siklus II Pertemuan 2 terdapat 23 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase 92%. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang.
No copy data
No other version available