Text
Nilai - nilai pendidikan karakter dalam novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral
Penelitian yang berjudul Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak Sejuta Bintang Karya Akmal Nasery Basral bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter. Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter apa sajakah yang terdapat pada novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tidak semua nilai-nilai pendidikan karakter yang diadaptasi melalui Kemendiknas serta Aqib dan Sujak muncul, ini dikarenakan nilai yang tidak muncul hanya dibahas secara tersirat. Dari 25 nilai-nilai pendidikan karakter, hanya 16 yang ada yaitu nilai, 1) religius, 2) toleransi, 3) disiplin, 4) kerja keras, 5) kreatif, 6) rasa ingin tahu, 7) bergaya hidup sehat, 8) pecaya diri, 9) semangat kebangsaan, 10) berjiwa wirausaha, 11) menghargai prestasi, 12) bersahabat/komunikatif, 13) cinta damai, 14) peduli lingkungan, 15) peduli sosial, dan 16) santun. Setelah dilakukan analisis, diketahui bahwa nilai pendidikan religius muncul paling dominan dibandingkan nilai-nilai pendidikan karakter yang lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk selalu bersikap sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Peneliti menyarankan agar selanjutnya meneliti tentang nilai-nilai pendidikan karakter mencakup ruang lingkup yang lebih luas lagi.
No copy data
No other version available