Text
Peningkatan keterampilan menulis argumentasi melalui strategi pemebelajaran peningkatan kemampuan berpikir siswa kelas IV SD Negeri 130 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas IV SD Negeri 130 Palembang melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVC SD Negeri 130 Palembang tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi, dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis argumentasi pada siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada prasiklus yang hanya mencapai 14,28% meningkat menjadi 45,2% pada siklus I, pada siklus II menjadi 69,04%, dan pada siklus III menjadi 85,7%. Untuk rata-rata keaktifan siswa juga terjadi peningkatan jika pada siklus I persentase keaktifan siswa dalam belajar mencapai 45% maka pada siklus II meningkat menjadi 62,8% dan pada siklus III menjadi 82%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan SPPKB dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran serta meningkatkan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas IVC SD Negeri 130 Palembang yang telah ditunjukkan dengan tercapainya ketuntasan hasil belajarnya.
No copy data
No other version available