Text
Penerapan media grafis pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 24 Palembang
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media grafis pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 24 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 24 Palembang dengan menerapkan media grafis pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 24 Palembang dengan jumlah 36 siswa. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media grafis pada pembelajaran tematik bagi siswa kelas II SD Negeri 24 Palembang, pada siklus I pertemuan 1 siswa yang tuntas berjumlah 17 siswa (51,2%) dan yang tidak tuntas berjumlah 16 siswa (48,5%) dengan nilai rata-rata 69, sedangkan untuk pertemuan 2 siswa yang tuntas berjumlah 18 siswa (53%) dan yang tidak tuntas berjumlah 16 siswa (47%) dengan nilai rata-rata 66. Pada siklus 2 pertemuan 1 siswa yang tuntas berjumlah 21 siswa (61,7%) dan yang tidak tuntas berjumlah 13 siswa (38,2%), sedangkan untuk pertemuan 2 siswa yang tuntas berjumlah 29 siswa (82,8%) dan yang tidak tuntas berjumlah 6 siswa (17,2%). Artinya, ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dalam menerapkan media grafis pada pembelajaran tematik
No copy data
No other version available