Text
Pengaruh penilaian diri (self assessment) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 45 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian diri (Self Assessment) terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 45 Palembang. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penilaian diri (Self Assessment) terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 45 Palembang. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 45 Palembang yang berjumlah 773 siswa. Teknik penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.5 dan VII.7. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penilaian diri (Self Assessment) terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 45 Palembang. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu 80,3 lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 66,2. Secara statistik melalui analisis uji-t test diperoleh thitung = 44,65 > ttabel = 1,99, dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan, ada pengaruh yang signifikan penilaian diri (Self Assessment) terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 45 Palembang dengan taraf signifikan sebesar 5 %.
No copy data
No other version available