Text
Upaya meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V B SD Negeri 24 Inderalaya dengan menggunakan media berbasis audio visual
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media berbasis Audio Visual untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V B SD Negeri 24 Inderalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada setiap siklus, baik peningkatan hasil tes maupun peningkatan aktivitas belajar. Nilai ketuntasan belajar pada siklus I menunjukkan bahwa terdapat 4 siswa yang tuntas (23,52%). Pada siklus II, terdapat
10 siswa yang tuntas (58,82%) dan pada siklus III, terdapat 15 siswa yang tuntas (88, 23%). Seiring dengan hasil tes tersebut, aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan yang seimbang dengan penurunan tingkat perilaku siswa yang tidak sesuai dengan KBM. Pada siklus I, terdapat 10 siswa yang benar-benar memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran dan 7 siswa yang menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan KBM. Pada siklus II, terdapat 12 siswa yang menunjukkan peningkatan dalam aktivitas belajar dan 5 siswa yang menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan KBM. Pada siklus III, peningkatan aktivitas belajar mencapai 88,23% dengan jumlah siswa yang memperhatikan guru adalah 15 siswa dan 2 siswa yang melakukan pekerjaan lain. Pencapaian persentase ketuntasan belajar sebesar 88,23% dan adanya peningkatan aktivitas belajar menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian telah tercapai. Dengan demikian, media berbasis Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V B SD Negeri 24 Inderalaya.
No copy data
No other version available