Text
Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terstruktur di kelas V SD Negeri 63 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terstruktur dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas V pada materi bangun ruang kubus, balok, prisma segitiga, dan limas segiempat dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terstruktur di SD Negeri 63 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus 3 pertemuan, dimana tiap siklus terdiri empat tahap kegiatan yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Pengamatan, dan (d) Refleksi. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VA SD Negeri 63 Palembang yang berjumlah 28 orang siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar. Data dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika kelas V pada materi bangun ruang kubus, balok, prisma segitiga, dan limas segiempat dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terstruktur di SD Negeri 63 Palembang dari siklus I dan II. Hasil belajar matematika siswa pada siklus I menunjukkan dari 28 siswa ada 22 siswa (78,57%) yang tuntas, kemudian hasil belajar matematika siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu ada 26 siswa (92,85%) dari 28 siswa yang tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian tercapai, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan siklus selanjutnya tidak diperlukan lagi.
No copy data
No other version available