The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan  keterampilan menyimak intensif siswa kelas V SD Negeri 24 Palembang melalui pendekatan pakem berbahan cerita anak

Text

Peningkatan keterampilan menyimak intensif siswa kelas V SD Negeri 24 Palembang melalui pendekatan pakem berbahan cerita anak

Putri Mindarti - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak intensif siswa kelas V SD Negeri 24 Palembang melalui pendekatan PAKEM berbahan cerita anak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bertahap terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan menyimak intensif dan observasi. Indikator kerja yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan siswa adalah apabila siswa memperoleh nilai ≥ 65 dan ketuntasan belajar klasikal 85%. Berdasarkan data nilai rata-rata keterampilan menyimak intensif yang didapat pada Siklus I sebesar 54,86 dengan persentase 31,81%, kemudian dilanjutkan dengan Siklus II sebesar 65,75 dengan persentase 62,50%, dan Siklus III sebesar 78,54 dengan persentase 91,67%, terlihat bahwa setiap siklus pembelajaran terjadi peningkatan. Peningkatan nilai rata-rata siswa ini juga didukung dengan persentase keaktifan siswa. Pada Siklus I keaktifan siswa sebesar 53,90% meningkat menjadi 64,84% pada Siklus II kemudian meningkat kembali menjadi 80,20% pada Siklus III. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan PAKEM berbahan cerita anak dapat meningkatkan keterampilan menyimak intensif dan keaktifan siswa. Sehingga peneliti menyarankan agar pendekatan PAKEM dapat diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.6987 Put p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xii, 90 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.6987
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Cerita anak
Pendekatan PAKEM
Menyimak
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search