Text
Peningkatan keterampilan menyimak intensif siswa kelas V SD Negeri 24 Palembang melalui pendekatan pakem berbahan cerita anak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak intensif siswa kelas V SD Negeri 24 Palembang melalui pendekatan PAKEM berbahan cerita anak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bertahap terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan menyimak intensif dan observasi. Indikator kerja yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan siswa adalah apabila siswa memperoleh nilai ≥ 65 dan ketuntasan belajar klasikal 85%. Berdasarkan data nilai rata-rata keterampilan menyimak intensif yang didapat pada Siklus I sebesar 54,86 dengan persentase 31,81%, kemudian dilanjutkan dengan Siklus II sebesar 65,75 dengan persentase 62,50%, dan Siklus III sebesar 78,54 dengan persentase 91,67%, terlihat bahwa setiap siklus pembelajaran terjadi peningkatan. Peningkatan nilai rata-rata siswa ini juga didukung dengan persentase keaktifan siswa. Pada Siklus I keaktifan siswa sebesar 53,90% meningkat menjadi 64,84% pada Siklus II kemudian meningkat kembali menjadi 80,20% pada Siklus III. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan PAKEM berbahan cerita anak dapat meningkatkan keterampilan menyimak intensif dan keaktifan siswa. Sehingga peneliti menyarankan agar pendekatan PAKEM dapat diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia.
No copy data
No other version available