Text
Upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui model mind map pada siswa kelas VB SD Negeri 02 Inderalaya Utara
Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan keterampilan menulis puisi siswa melalui model mind map pada siswa kelas VB SD Negeri 02 Indralaya Utara. Masalahnya adalah apakah model mind map dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VB SD Negeri 02 Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 02 Indralaya Utara yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada pelaksanaan siklus I menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa 68,57% dan hasil penelitian pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa 88,57%. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama yaitu 63,57%, siklus I pertemuan kedua yaitu 70,89%, siklus II pertemuan pertama 80,89% sedangkan siklus II pertemuan kedua 87,32%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VB SD Negeri 02 Indralaya Utara dengan menggunakan model mind map.
No copy data
No other version available