Text
Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 43 Palembang melalui metode PQ4R ( Preview, Question, Read, Reflect,recite, Review)
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 43 Palembang dengan menggunakan metode PQ4R. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus, Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas tes essay dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 43 Palembang kelas IV tahun ajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode PQ4R siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila mencapai nilai atau suatu kelas dinyatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut terdapat 85% siswa yang mendapat nilai diatas 65. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang menunjukkan peningkatan rata-rata nilai sebelum diberi tindakan adalah 29.79 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 16.66%, rata-rata nilai siswa siklus I adalah 51.44 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 34.61%, rata-rata nilai siswa siklus II adalah 67.60 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 61.53%, rata-rata nilai siswa siklus III adalah 75.76 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 88.46%. Untuk rata-rata keaktifan siswa juga terjadi peningkatan jika pada siklus I persentase keaktifan siswa dalam belajar mencapai 62% (Cukup Aktif). Pada siklus II meningkat menjadi 73% (Aktif) dan siklus III meningkat menjadi 79% (Aktif). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode PQ4R pada keterampilan membaca pemahaman, hasil belajar siswa dapat meningkat, maka metode PQ4R ini dapat dijadikan alternatif pilihan bagi guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.
No copy data
No other version available