Text
Pengaruh strategi pembelajaran resume kelompok terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Palembang
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran resume kelompok dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi pembelajaran resume kelompok dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Palembang. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2012-2013 yang terdiri dari 12 kelas dan berjumlah 369 peserta didik. Selanjutnya dilakukan pemilihan sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas X.7 yang berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa strategi pembelajaran reume kelompok, dan kelas X.8 yang berjumlah 31 pesera didik sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan berupa strategi pembelajaran kekuatan dua kepala. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design dengan bentuk desain posttest only control design. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah tes bertujuan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Data hasil belajar yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan KKM sebesar 75 dan lembar observasi bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan penelitian dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran resume kelompok dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala digunakan rumus uji-t. Setelah dilakukan pengujian terhadap hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran resume kelompok dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala terhadap hasil belajar peserta didik. Dari penelitian tersebut, disarankan bagi guru untuk menggunakan strategi pembelajaran resume kelompok sebagai alternatif pembelajaran agar lebih dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
No copy data
No other version available