Text
Pengaruh model pembelajaran bermakna terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran bermakna dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran bermakna dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 19 Palembang yang terdiri dari lima kelas yang berjumlah 183 siswa. Teknik pengambilan sampel diambil secara Cluster Random Sampling, sehingga terpilih kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design dengan bentuk desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah tes bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa dan observasi bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data untuk menganalisis data tes dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas data dan uji homogenitas data. Statistik yang digunakan adalah statistik parametris melalui uji-t dengan taraf signifikan (α=0,05). Adapun hasil perhitungan uji-t didapat t hitung 4,70 dan t tabel 2,6, maka Ho ditolak Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh model pembelajaran bermakna dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Oleh karena itu disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model pembelajaran bermakna dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available