The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh model pembelajaran bermakna terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang

Text

Pengaruh model pembelajaran bermakna terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang

Titin Sulistiani - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran bermakna dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran bermakna dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 19 Palembang yang terdiri dari lima kelas yang berjumlah 183 siswa. Teknik pengambilan sampel diambil secara Cluster Random Sampling, sehingga terpilih kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design dengan bentuk desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah tes bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa dan observasi bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data untuk menganalisis data tes dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas data dan uji homogenitas data. Statistik yang digunakan adalah statistik parametris melalui uji-t dengan taraf signifikan (α=0,05). Adapun hasil perhitungan uji-t didapat t hitung 4,70 dan t tabel 2,6, maka Ho ditolak Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh model pembelajaran bermakna dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Oleh karena itu disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model pembelajaran bermakna dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.307 Tit p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xii, 74 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.307
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Metode belajar mengajar
Hasil belajar
Model Pembelajaran Bermakna
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search